Pengertian Literasi TIK

Kemampuan untuk menggunakan teknologi digital, alat komunikasi dan atau jaringan dalam Mendefinisikan(Define), Mengakses(Access), Mengelola(Manage), mengintergrasikan(integrate), Mengevaluasi(evaluate), Menciptakan (create) and Mengkomunikasikan(communicate) Informasi secara baik dan legal  dalam rangka membangun masyarakat berpengathuan.

Model Kemahiran/Proficiency Model

https://iksan007.files.wordpress.com/2017/04/profieciency.png?w=676

  • Define : menggunakan digital tools untuk mengidentifikasi dan menggambarkan kebutuhan informasi (identifikasi topik atau permasalahan yang dihadapi)
  • Access : mengetahui cara dan lokasi untuk mengumpulkan dan mendapatkan informasi dalam ruang lingkup digital
  • Manage : mengorganisir, mengklasifikasikan, memilah milih informasi yang ada menggunakan digital tools
  • Integrate : menafsirkan dan menggambarkan informasi yang didapatkan dengan menggunakan digital tools untuk menyatukan, meringkas, membandingkan informasi dari berbagai sumber
  • Evaluate : meninjau lebih jauh atau menilai sejauh mana informasi yang ada memenuhi kebutuhan dari topik atau permasalahan yang dihadapi
  • Create : mengadaptasi, menerapkan, merancang, membangun informasi
  • Communicate : menyebarluaskan atau menyampaikan informasi yang didapatkan terkait topik atau permasalahan yang dihadapi ke pihak luar/audiens tertentu.

Keuntungan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK)

  • Bidang pendidikan

1. Dapat mencari informasi yang dibutuhkan secara cepat untuk kepentingan pendidikan.

2. Dengan adanya e-learning, dapat memudahkan proses belajar mengajar.

  • Bidang ekonomi

1. Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.

2. Dapat memudahkan kita untuk melakukan bisnis secara online yang dapat diakses secara mudah dan cepat.

  • Bidang sosial

1. Dapat mempermudah komunikasi keluarga, saudara, teman, dan orang lain walaupun jaraknya sangat jauh.

  • Bidang Pemerintahan

1. Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.

2. Dengan adanya e-government, membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dirancang pemerintah dapat berjalan dengan lancar.

3. Pemerintah dapat secara mudah mengontrol usaha di berbagai sektor dan industri masyarakat.

Kekurangan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK)

  • Bidang pendidikan

1. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudahterjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.

2. Dengan adanya televivisi, gadged, dan alat elektronik lain, akan mempengaruhi peserta didik untuk malas belajar karena terlalu asyik dengan alat-alat tersebut.

  • Bidang ekonomi

1. Hal yang sering terjadi dengan adanya kemajuan teknologi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.

2. Mudahnya akses internet akan menyebabkan mudah terjadinya transaksi-transaksi terlarang, sperti pengedaran narkoba, miras, dan lain-lain.

  • Bidang sosial

1. Mengurangi jalinan silaturrahmi antar sesama, karena kita menganggap degan memberi kabar lewat sms, telepon, dan semacamnya itu sudah cukup.

2. Menciptakan seseorang menjadi seseorang yang individualis, karena terlalu sibuk dengan urusan mereka sendiri.

3. Terjadinya kesenjangan social antara yang kaya dan yang miskin.

4. Semakin maraknya kejahatan yang beredar di dunia maya, seperti hacker.

  • Bidang Pemerintahan

1. Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak sistem intformasi pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker/hacker.

 

https://www.kompasiana.com/lailyina/571567b673937374048b457d/keuntungan-dan-kelemahan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-bagi-mayarakat?page=2

ICT dalam Pembangunan

Memantapkan komitmen nasional untuk merangkul dan memanfaatkan ICT di bawah naungan Kerangka Nasional Teknologi Informasi (National Information Technology Framework)

Strategi ICT akan meningkatkan upaya mengurangi kemiskinan secara nasional

Implementasi strategi yang memanfaatkan pendekatan desentralisasi akan mendorong proses pengalihan peran dan tanggung jawab pemerintah pusat ke tingkat daerah

Dengan Catatan:

Jika berdiri sendiri, ICT tidak dapat berperan optimal

ICT paling tepat dimanfaatkan untuk menyempurnakan proses yang sudah berjalan cukup baik

Pengguna ICT biasanya orang-orang yang sudah akrab dengan ICT

Penerapan efektif ICT melibatkan baik infrastruktur teknologi maupun infrastruktur informasi

Di perdesaan negara berkembang (yaitu tempat tinggal mayoritas penduduknya), instalasi dan perawatan infrastruktur teknologi relatif mudah dibandingkan dengan pengadaan infrastruktur informasi

Sejarah Komputer

Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

Sejarah Komputer Generasi Pertama

Generasi ini merupakan generasi pertama dari sejarah perkembangan komputer. Dimana pada generasi ini terdapat komputer-komputer seperti ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) pada tahun 1946 dan UNIVAC (UNIVersal Automatic Computer) pada tahun 1951.

Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

Sejarah Komputer Generasi Kedua

Perkembangan komputer pada Generasi kedua hanya merupakan modifikasi atas perkembangan yang sebelumnya sudah ada pada generasi pertama. Dimana generasi kedua ini hanya meningkatkan performance dan kualitas dari komputer di generasi pertama.

Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Komputer Generasi Ketiga

Komputer generasi ketiga sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama di dalam pemrosesan. Dimana pada generasi ini komputer sudah sangat cepat dan sudah dapat melakukan multitasking. Ini pun merupakan kombinasi dari generasi pertama dan kedua di dalam meningkatkan performance komputer.

Komputer Generasi Keempat (1970-2016)

Komputer Generasi Keempat

Generasi Keempat ini merupakan generasi dimana munculnya PC (Personal Computer). Dimana para teknik komputer mengembangan komputer lebih signifikan lagi mulai dari bentuk, ukuran, interface, dan lainnya untuk mencapai suatu teknologi yang sempurna. Hal-hal tersebut dibuktikan dengan munculnya : IBM 370 (1970) yang merupakan komputer generasi keempat yang pertama kali muncul. Apple II (1977) yang merupakan komputer mikro (komputer personal yang pertama). Dan Xerox Star (1981) yang merupakan komputer dengan Graphical User Interface (GUI) yang pertama.

Komputer Generasi Kelima (Mulai Abad 21 – Saat ini)

Komputer Generasi Kelima

Perkembangan Generasi Kelima ini ditandai dengan munculnya AI (Artificial Intellegence) yang merupakan kecerdasan buatan yang diciptakan manusia kedalam komputer. Dimana komputer dapat bertindak dan diberikan kecerdasan (konteks Ilmiah) layaknya seperti manusia.

Sejarah Singkat Komputer Generasi Pertama Sampai Kelima

Arsitektur Sistem

Hardware dan Software (KBBI)

/pe·rang·kat/ n alat perlengkapan;

— keras 1 barang-barang yang terbuat dari logam (pesawat televisi, proyektor, dan peralatan lain) yang berkaitan dengan suatu sistem; 2 peralatan fisik (komputer dan sebagainya);

— lunak 1 perangkat program, prosedur, dan dokumen yang berkaitan dengan suatu sistem (misalnya sistem komputer); 2 bagian dari alat (komputer dan sebagainya) yang berfungsi sebagai penunjang alat utama;

Internet VS internet

Internet (kecil “i”) adalah serangkaian jaringan yang dimiliki oleh dua atau lebih organisasi (Microsoft dan Google, misalnya) dan mengatur untuk berkomunikasi satu sama lain. Internet (big “I”) adalah jaringan dunia luas yang terdiri dari semua jaringan lain yang saling berhubungan dan berkomunikasi di Web terbuka. Alamat IP dan nama DNS diatur dan dikeluarkan oleh organisasi yang ditunjuk oleh negara tuan rumah. Inilah yang kami maksud ketika kami maksud jaringan publik terbuka yang menghubungkan dunia.

https://www.quora.com/What-is-the-difference-between-Internet-and-internet-2

Sejarah Internet

Sejarah internet :
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

https://brainly.co.id/tugas/2930910

Literasi Abad 21

  • Literasi lain yang dibutuhkan: Literasi Media, Literasi Data, Learning and Innovation skills (termasuk Berpikir Kritis), Life and career skills
  • Kaitan dengan Literasi TIK
  • Literasi Media, contoh: Aspek Purpose è terkait aspek bias dalam Literasi Informasi, New media (berbasis social media dan internet) menjadi sumber informasi baru
  • Literasi data: data (yang sangat banyak) dihasilkan dari banyak peralatan modern di sekitar kita è kesamaan dalam mengolah data menjadi informasi dan pengetahuan dalam Literasi TIK
  • Literasi dan ketrampilan lain saling terkait dan dapat saling dimanfaatkan/digunakan