Berikut adalah beberapa peranan/manfaat TIK dalam kehidupan sehari-hari :

1. Peranan TIK dalam Keluarga
Semakin terjangkaunya harga komputer mengakibatkan semakin banyak pula keluarga yang memiliki komputer di rumah mereka.

2. Peranan TIK dalam Dunia Pendidikan
Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi, terutama komputer dan internet sudah lama dimanfaatkan oleh negara-negara maju. Misalnya, di negara seperti Inggris, Amerika, dan Jepang, teknologi informasi dan komunikasi digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah melalui pemanfaatan komputer dengan didukung teknologi internet. Secara umum, peran TIK dalam lingkungan pendidikan dapat dirasakan oleh para siswa, sekolah, dan orang tua

3. Bagi para Siswa atau Mahasiswa
Komputer dan jaringan komputer (intranet dan internet) memberikan kemudahan bagi para siswa atau mahasiswa. Para siswa dapat memperoleh bahan-bahan pembelajaran melalui perpustakaan elektronik (e-library) atau buku elektronik (e-book) untuk mendapatkan koleksi perpustakaan berupa buku, modul, jurnal, majalah, atau surat kabar. Kehadiran Internet juga memungkinkan dilakukannya pembelajaran jarak jauh (e-learning). Maksudnya untuk mendapatkan materi pelajaran, para siswa atau mahasiswa tidak harus terikat dengan ruang dan waktu di ruang kelas pada jam-jam pelajaran. Mereka dapat memperoleh materi melalui komputer di rumah yang tersambung dengan internet atau melalui warnet-warnet yang memberikan layanan akses internet.

4. Bagi Guru atau Sekolah
Di samping untuk kegiatan pembelajaran, teknologi informasi dan komunikasi juga dapat digunakan untuk kegiatan administratif para guru.

5. Bagi Orang Tua
Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan orang  dapat memantau perkembangan pendidikan anaknya melalui komputer dan internet. Sehingga, mereka dapat mengetahui dan melihat hasil pembelajaran anaknya, mulai nilai harian, penugasan, nilai ujian, dan prestasi secara keseluruhan.

6. Peranan TIK dalam Kantor
Komputer banyak digunakan di kantor-kantor untuk membantu pekerjaan administrasi. Pembuatan surat-surat yang dahulu menggunakan mesin tik manual kini digantikan oleh komputer.

7. Peranan TIK dalam Industri dan Manufaktur
Dalam bidang industri, komputer digunakan pada proses perencanaan sebuah produk baru melalui program desain, seperti Computer Aided Design (CAD). Gunanya, agar produk yang diinginkan dapat dirancang secara cepat, mudah, dan memiliki ketepatan tinggi.
Jadi peran TIK dalam bidang industri dan manufaktur sangat besar, di antaranya
a. Sebagai alat bantu untuk merancang produk baru secara cepat, mudah, dan tepat (akurat).
b. Proses produksi dapat dilakukan dengan sesedikit mungkin tenaga manusia sehingga mengurangi resiko fisik yang dapat dialami oleh manusia.

8. Peranan TIK dalam Bidang Bisnis dan Perbankan
Peranan TIK dalam bidang bisnis dan perbankan sangat besar karena tujuan dari bisnis dan perbankan adalah untuk mencari keuntungan yang diperoleh dari hasil transaksi, baik barang maupun jasa.
Pada bidang bisnis, biasanya sistem komputer digunakan untuk memproses gaji, data statistik, dan akunting (keuangan). Sistem komputer melakukan otomatisasi pekerjaan-pekerjaan rutin kantor. Banyak bisnis sudah menggunakan sistem komputer untuk pengawasan stok barang, membuat laporan keuangan, meramal, dan merencanakan bisnis masa depan.

Dari sisi pelanggan, peranan sistem komputer adalah meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan kualitas layanan.

Bagi bisnis perdagangan, seperti department store, sistem informasi manajetnen memungkinkan pencatatan transaksi secara mudah dengan alat bernama barcode reader, yaitu  alat untuk membaca kode barang yang dihubungkan dengan komputer.

9. Peranan TIK dalam Bidang Teknik dan Teknologi
Bidang teknik dan teknologi sejak awal merupakan bidang yang paling banyak memanfaatkan sistem komputer sebagai alat mama para ilmuwan untuk menunjang pekerjaannya. Hal ini dikarenakan pekerjaan dan perhitungan yang rumit dapat dilakukan dalam waktu yang cepat dan akurat.

Dalam bidang teknik geologi, sistem komputer dengan bantuan satelit dapat mempelajari keadaan tanah di suatu tempat untuk mengetahui kandungan-kandungan mineral yang memungkinkan diadakan penambangan seperti minyak, batu-bara, atau emas.

Pada bidang teknik sipil, komputer dapat membantu para arsitek untuk merancang sebuah bangunan yang tinggi dan rumit.

Dalam bidang bioteknologi, komputer dapat menggambarkan molekul-molekul secara visual.

10. Peranan TIK dalam Bidang Komunikasi
Kemajuan teknologi komputer dan komunikasi melahirkan sebuah jaringan komputer dunia (global) atau biasa disebut internet (internetworking). Melalui internet, kamu dapat memperoleh berbagai macam informasi yang kamu butuhkan, seperti berita dart berbagai media, buku-buku perpustakaan (e-library), belanja secara on-line, mendengarkan radio dan musik, menonton televisi, bermain games, konsultasi, pemesanan kamar hotel dan tiket pesawat. hampir segala macam kebutuhan tersedia di internet.

11. Peranan TIK dalam Bidang Kedokteran
Pada bidang kedokteran, komputer banyak digunakan untuk membantu para dokter dalam berbagai hal, di antaranya sebagai berikut.
a. Memeriksa, mendiagnosa, dan menentukan penyakit pasien dengan memasukkan data-data keluhan pasien ke dalam sistem komputer.
b. Menentukan jenis terapi dan pengobatan berdasarkan informasi dari sistem komputer.
c. Mempercepat proses uji laboratorium pasien.
d. Memantau kondisi pasien (denyut jantung, suhu, dan tekanan darah pasien),dll.

12. Peranan TIK datam Bidang Pertanian
Pada pertanian besar, pemupukan dapat dilakukan oleh pesawat terbang yang dilengkapi dengan kamera. Dari kamera, diperoleh masukan keadaan tanah yang kemudian dianalisis oleh komputer untuk mengetahui kadar air dan mineral yang terkandung di dalamnya. Sehingga, banyaknya pupuk yang harus disemprotkan ke ladang pertanian dapat ditentukan. Dengan cara ini, pemupukan dapat dilakukan secara tepat.

13. Peranan TIK datam Bidang Transportasi
Terdapat empat jenis transportasi yang digunakan manusia saat ini, yaitu transportasi darat, laut, udara, dan ruang angkasa. Semua kegiatan bidang transportasi tersebut tidak lepas dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

14. Peranan TIK dalam Bidang Pemerintahan
Istilah e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan kerja sama antara pemerintah dengan pihak-pihak lain, seperti warga masyarakat melalui Government to Citizen (G2C), perusahaan-perusahaan bisnis melalui Government to Business Enterprises (G2B), pemerintah lain melalui Government to Government (G2G).

Dikutip dari :

•http://juwitasari-unknown.blogspot.com/2012/07/manfaat-tik-dalm-berbagai-bidang.html?m=1

•https://dindri72.wordpress.com/category/maanfaat-tik-di-berbagai-bidang/